ERROR
Please complete your data !

Semur Daging, Variasi Resep Makanan Idul Adha

Merayakan Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban, tentunya tidak akan lengkap tanpa hidangan berbahan dasar daging. Rendang, gulai, sate, dan hidangan daging bersantan lainnya biasanya menjadi hidangan primadona di hari suci saat umat Islam saling berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudaranya yang kurang mampu. Bosan dengan resep makanan yang bersantan atau sedang berusaha lebih menjaga kesehatan dan menurunkan tingkat kolesterol, Anda dapat mencoba semur daging sebagai variasi hidangan lezat di Hari Raya Idul Adha Anda.

 

Semur daging adalah hidangan khas Jawa yang memadukan irisan daging dengan kecap kedelai. Jadi di dalam resep makanan ini, kecap kedelai memegang peranan yang sangat penting karena berkontribusi dalam menghasilkan cita rasa manis dan memberikan tampilan yang menggugah selera dalam kuliner lezat ini. Selain kecap, semur daging juga menggunakan banyak bumbu dan rempah-rempah seperti kayu manis, serai, kapulaga, jahe, pala, cengkih, dan daun jeruk.

 

Untuk memasaknya, pertama-tama Anda harus mulai dengan mempersiapkan bumbu-bumbu perendam. Campur semua bumbu dan jadikan itu sebagai bumbu rendaman dari daging sapi Anda. Rendam daging sapi Anda selama 1.5 jam agar bumbu meresap dengan sempurna. Salah satu hal yang paling penting untuk Anda perhatikan pada saat memasak semur adalah menjaga tekstur dan rasa daging yang Anda masak agar tidak alot dan sulit untuk dikonsumsi.

 

Salah satu trik untuk membuat daging pada semur Anda empuk dan nikmat dikonsumsi adalah dengan memasaknya dengan proses pemasakan lambat atau slow cooking. Dengan bumbu-bumbu yang unik, rasa kecap yang khas, dan daging sapi yang empuk, semur daging akan menjadi alternatif masakan untuk menemani Hari Raya Idul Adha Anda bersama keluarga, kerabat, dan teman-teman yang Anda sayangi.

 

Bosan dengan hidangan Idul Adha yang itu-itu saja? Variasikan resep makanan Anda dengan hidangan semur daging. Jadikan tradisi ini sebagai tradisi baru dalam menyambut Idul Adha. Lezat dan lebih sehat, nikmati semur daging ini bersama nasi panas yang mengepul lezat.

 

Sources: 
- whattocooktoday.com/semur-daging-javanese-beef-stew.html, diakses pada 25 September 2014 
- indochef.com/indo_41.shtml diakses pada 25 September 2014. 
- thejakartaglobe.com/features/tasty-semur-daging-betawi-style/, diakses pada 25 September 2014.