ERROR
Please complete your data !

Agar Rendang Jadi Makin Lezat

Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, rendang adalah salah satu resep masakan khas Indonesia yang seringkali disajikan di meja makan. Mengolah resep rendang daging menjadi hidangan yang lezat dan disukai keluarga sebenarnya tak susah, lho.

 

Selain membutuhkan ketelitian dan kesabaran, tips berikut ini akan mempermudah Anda ketika mengolah daging menjadi rendang yang lezat.

 

Santan yang Gurih dan Kental

Resep rendang daging akan jadi makin lezat bila Anda menggunakan santan segar yang baru diperas ketika hendak memasak. Pilihlah kelapa yang sudah tua agar jumlah santan yang dihasilkan semakin maksimal. Agar santan yang diperoleh semakin banyak dan rasanya gurih, gunakan air panas saat akan menyeduh kelapa. Resep rendang daging bisa dikategorikan sebagai resep masakan yang “boros kelapa”. Untuk ukuran 500 gr rendang daging, setidaknya Anda membutuhkan 2 butir kelapa yang sudah tua.

 

Bila Menggunakan Bumbu Halus Siap Pakai

Anda mungkin seringkali memasak rendang dengan menggunakan bumbu halus siap pakai yang dijual di pasar tradisional atau supermarket. Bila Anda menggunakan bumbu halus pakai, pastikan bahwa bumbu tersebut masih segar agar tak mempengaruhi rasa rendang buatan Anda. Selain itu, alangkah baiknya bila Anda mencicipi terlebih dahulu bumbu siap pakai yang sudah ditumis. Sebab, biasanya penjual bumbu halus sudah menambahkan garam ke dalam bumbu halus buatannya agar bumbu tersebut bisa lebih awet dan tak cepat basi. Selai itu, Anda jadi tak perlu menambahkan garam atau bumbu lain, kan.

 

Agar Rendang Tak Mudah Hangus

Proses memasak rendang terbilang sangat memakan waktu dan terkadang bisa membuat Anda jadi tak sabar. Bila Anda lalai saat memasak rendang, bisa saja rendang buatan Anda jadi hangus dan kurang sedap aromanya. Nah, untuk menghindari hal ini sebaiknya Anda memasak rendang dengan api yang sedang. Aduk terus rendang Anda hingga kering dan bumbu rendang yang ada di dasar wajan tidak hangus. Bagian bumbu yang hangus di dasar wajan dapat menyebabkan aroma rendang jadi kurang sedap.

 

Supaya Daging Tak Mudah Hancur

Rendang yang dimasak sangat lama akan mengering dan mengeluarkan minyak yang sangat lezat. Kadangkala bumbu rendang sudah meresap pada daging, namun kuah belum juga menyusut. Bila Anda memanaskan daging terus menerus, lama-kelamaan tekstur daging jadi sangat lembut dan akhirnya hancur. Untuk menyiasati hal ini, pisahkan daging yang sudah matang dari kuah rendang. Anda bisa memasak kuah rendang hingga menyusut lalu masukkan kembali daging ke dalam kuah rendang.

 

Agar tips ini makin bermanfaat untuk Anda, pastikan untuk selalu menggunakan daging rendang yang berkualitas dan segar, ya. Rasa masakan pasti akan makin lezat bila menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Selamat menyambut Hari Raya Idul Adha!

 

Sources: 
- PT. Media Boga Utama. 2003. Rendang-Rendang Favorit. Majalah Sedap. Edisi 7/IV/2003. 
- republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/13/11/23/mwnrww-tips-dan-trik-bikin-rendang-padang-lezat 
- deliciousmagazine.co.uk/recipes/indonesian-beef-rendang

Diakses pada 29 September