ERROR
Please complete your data !

Membuat Aneka Variasi Semur Daging untuk Hidangan Idul Adha

Resep makanan lezat yang bisa disajikan saat Idul Adha maupun hari besar lainnya tentu tak harus mewah dan mahal. Hal yang paling penting adalah rasanya yang lezat dan penggunaan bahan-bahan berkualitas. Salah satu resep sederhana yang jadi andalan para ibu rumah tangga adalah semur daging sapi. Bahan-bahannya relatif mudah diperoleh dan cara membuatnya pun mudah. Tak hanya itu, variasi semur daging sapi juga mudah dibuat, lho.

 

Penasaran seperti apa variasi semur daging yang bisa Anda buat sendiri di rumah? Inilah triknya!

 

Gunakan Daging Sapi Cincang

Membuat semur daging sapi tak selalu harus menggunakan potongan-potongan daging. Anda juga bisa menggunakan daging sapi segar yang sudah dicincang. Tambahkan penyedap rasa dan tepung sagu secukupnya pada daging sapi cincang agar lebih mudah dibentuk menjadi bola-bola. Semur bola-bola daging sapi tentu tak kalah lezat dengan semur daging biasa. Selain lezat, semur bola-bola daging sapi juga mudah disantap oleh sang buah hati yang baru belajar mengunyah.

 

Tambahkan Aneka Bahan Pelengkap yang Bergizi

Semur daging sapi tentu bisa divariasikan sesuai dengan selera Anda masing-masing. Selain menggunakan daging sapi segar, Anda bisa menyertakan bahan pelengkap lainnya seperti tahu, telur puyuh rebus, wortel, lidah sapi atau jamur kancing. Agar tekstur semur tetap lezat saat disantap, perhatikan tekstur dari bahan-bahan pelengkap yang Anda gunakan. Bahan-bahan yang teksturnya lembut seperti tahu atau telur puyuh rebus sebaiknya dimasukkan ke semur daging sesaat sebelum semur matang.

 

Semur Pedas? Oke Juga!

Bagi Anda yang sudah bosan dengan semur yang cita rasanya manis, Anda bisa menambahkan cabai rawit merah atau lada pada semur sesuai dengan selera. Cita rasa pedas pada semur daging tentu akan meningkatkan selera makan Anda. Apalagi jika semur daging tersebut disantap dengan nasi hangat. Hmm.. so yummy!

 

Tambahkan Sedikit Santan Agar Makin Istimewa

Bila biasanya Anda memasak semur daging tanpa menggunakan santan, Anda bisa mencoba menambahkan sedikit santan ke dalam semur daging buatan Anda agar rasanya makin creamy. Penambahan santannya tak perlu terlalu banyak, cukup 2 hingga 3 sendok makan santan kental untuk memperkaya rasa semur. Selain santan, Anda juga bisa menggantinya dengan susu cair segar siap konsumsi.

 

Membuat variasi hidangan sehari-hari tentu perlu kreativitas dan inovasi yang unik agar anggota keluarga jadi tak bosan menyantap menu hidangan yang itu-itu saja. Referensi dan tips dari buku resep atau internet akan menambah wawasan dan ide Anda saat akan berkreasi.

 

Sources: 
- PT. Media Boga Utama. (2002). Sarat Bumbu Di dalam Daging. Sedap Sekejap Edisi Pemula. Edisi 8/II/02. 
- bonappetit.com/test-kitchen/common-mistakes/article/beef-stew-common-cooking-mistakes 
- discover-java-and-bali.com/herbs-and-spices.html

Diakses pada 29 September 2014.