ERROR
Please complete your data !

Pelajari Tingkat Kematangan Steak Daging Sapi Yuk

Daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi aneka resep masakan . Salah satu resep masakan daging yang populer di seluruh penjuru dunia adalah steak. Mengolah steak sebenarnya tak sulit, hanya perlu memilih daging sapi berkualitas, meracik bumbu yang pas, serta memasaknya dengan tingkat kematangan yang tepat. Lama memasak steak sapi dapat disesuaikan dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Ada yang menyukai steak dengan aroma daging segar yang kuat, namun banyak juga yang lebih suka steak yang sudah matang.

 

Apa saja tingkat kematangan yang bisa disesuaikan saat memasak steak daging sapi?

 

Very Rare (Hampir Mentah)

Steak dengan tingkat kematangan very rare dimasak dalam waktu yang sangat singkat, yakni kurang lebih 1 menit saja. Saat steak diiris, bagian dalamnya masih berwarna merah segar dan aroma khas daging segar akan segera menyeruak. Namun tingkat kematangan yang satu ini kurang cocok untuk para pecinta steak sehat, karena dikhawatirkan bakteri dan mikroorganisme lainnya masih hidup dan berkembang pada daging sapi.

 

Rare (Seperempat Matang)

Saat steak dengan tingkat kematangan rare diiris, maka akan tampak bagian kemerahan segar pada bagian dalam daging. Namun berbeda dengan steak dengan tingkat kematangan very rare, permukaan steak rare biasanya tampak berwarna lebih tua daripada permukaan steak very rare. Lama memasak steak rare biasanya sekitar 2 menit.

 

Medium Rare (setengah matang)

Tingkat kematangan medium rare adalah tahapan minimal yang cocok untuk para pecinta steak yang menjalankan pola hidup sehat. Bagian dalam daging steak sudah tak lembap dan warnanya pun sudah hampir kecokelatan. Meski demikian, tekstur moist khas daging sapi masih bisa diperoleh dari tingkat kematangan medium rare.

 

Medium (Tiga Perempat Matang)

Butuh waktu 6 hingga 10 menit untuk memanggang masing-masing sisi daging sapi agar menghasilkan steak dengan tingkat kematangan medium. Meskipun tampak sudah matang, steak medium akan tetap bertekstur empuk dan lembut saat bagian tengahnya ditekan.

 

Welldone (Matang Sempurna)

Para pecinta resep masakan daging biasanya memilih untuk menyantap daging dengan tingkat kematangan ini. Bagian luar maupun dalam dari daging sapi dimasak hingga matang sempurna dengan durasi memasak kurang lebih 11 hingga 15 menit untuk setiap sisi daging. Namun, bagian tenderloin biasanya tidak dimasak hingga welldone karena justru akan membuat daging jadi kering dan teksturnya jadi keras.

 

Informasi kali ini tentu akan menambah wawasan Anda seputar resep masakan daging ala modern. Daripada bosan membuat aneka resep masakan yang sama setiap hari, gunakan saja daging sapi segar untuk diolah menjadi hidangan steak. Hmm, so yummy…

 

Sources: 
- Apriadji, W.H. 2002. Healthy Steak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. goo.gl/pJPqGG. 
- iabeef.org/degreesofdoneness.aspx?DB_OEM_ID=26200

Diakses pada 30 September 2014.