ERROR
Please complete your data !

Tips Seputar Pembuatan Bakso Sapi

Daging sapi adalah salah satu bahan makanan sumber protein hewani yang mudah dijumpai di pasaran. Bila bosan mengolahnya menjadi resep biasa seperti sate, sup atau soto, variasikan saja resep lainnya untuk membuat hidangan yang istimewa. Membuat bakso sapi bisa menjadi alternatif hidangan spesial. Cara memasak bakso sapi tak sulit dan bahan-bahan pelengkapnya juga mudah ditemukan.

 

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat bakso sapi?

 

Gunakan Daging Segar

Walaupun pembuatan bakso sapi menggunakan berbagai bahan pelengkap, bukan berarti Anda bisa menggunakan daging sapi yang sudah kurang segar. Selalu gunakan daging sapi yang segar, beraroma khas daging, dan berwarna merah cerah. Daging sapi yang kurang segar hanya akan membuat rasa, aroma, dan tekstur bakso Anda menjadi kurang lezat.

 

Bakso Sapi Bertekstur Halus

Jika Anda kurang menyukai bakso sapi yang mengandung urat, Anda bisa membuat bakso sapi dengan menggunakan daging sapi bagian tanjung (rump). Bagian daging sapi tersebut bertekstur lembut dan minim otot sehingga bakso yang dihasilkan bisa bertekstur lebih lembut dan kenyal. Bila Gemar Menyantap Bakso Urat Sensasi bakso urat yang agak kenyal bisa diperoleh dengan menggunakan daging sapi bagian sengkel. Bagian sengkel merupakan bagian depan atas dari kaki sapi yang teksturnya memiliki urat.

 

Ukuran Daging untuk Membuat Bakso

Meskipun menggunakan bantuan mesin atau food processor, Anda tetap harus memotong-motong daging ke dalam ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah diproses. Daging yang berukuran besar dapat mempersulit proses pembuatan adonan dan menyebabkan suhu adonan bakso jadi panas. Saat Menghaluskan Adonan Bakso Bila Anda membuat adonan bakso dengan bantuan mesin, usahakan untuk menghaluskan adonan bakso dalam waktu yang singkat. Menghaluskan adonan bakso terlalu lama hanya akan membuat temperatur adonan menjadi naik dan merusak kandungan protein pada daging sapi. Hasilnya, bakso akan menjadi lembek dan kurang kenyal. Membentuk Adonan Bakso Adonan bakso yang sudah jadi harus segera dibentuk agar tetap terjaga kualitasnya. Masukkan bola-bola bakso sapi pada air panas bersuhu 600C hingga 800C untuk membentuk lapisan kulit luar bakso yang bertekstur renyah. Selanjutnya, setelah semua bakso sapi siap, Anda bisa merebusnya di air yang mendidih hingga bakso sapi mengapung ke permukaan.

 

Kini, Anda tentu punya ide mengenai alternatif resep bakso sapi setelah membaca ulasan informasi kali ini.

Sajikan bakso sapi buatan Anda dengan bahan-bahan pelengkap yang berkualitas dan bergizi, ya.

 

Sources: 
- Tim Dapur Demedia. 2008. Masakan Daging Sapi Nusantara. Jakarta: DeMedia Pustaka. goo.gl/dfaVRK 
- Elisa. 2013. Bakso Istimewa, Alami dan Praktis. Surabaya: LinguaKata. goo.gl/PL92pt

Diakses pada: 2 Oktober 2014