Gambar Tips
Mengenal Karakteristik Aneka Ikan Air Tawar

Informasi tentang aneka resep masakan Nusantara berbahan dasar ikan seakan tak ada habisnya. Indonesia memang negara kepulauan yang kaya akan hasil laut. Selain bisa mengolah resep masakan Nusantara dengan bahan dasar ikan laut, Anda juga bisa mengolah aneka resep dengan bahan dasar ikan air tawar, lho.

Ikan air tawar memiliki rasa dan kandungan gizi yang tak kalah berkualitas dengan ikan laut. Beberapa jenis ikan air tawar populer yang sering diolah menjadi aneka resep masakan Nusantara antara lain:

Gurame

Gurame adalah salah satu ikan air tawar yang paling populer di Indonesia. Ciri fisik ikan gurame yaitu bentuknya pipih melebar dengan ukuran sisik yang besar dan rapat. Ikan gurame memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan gurih. Cara mengolah ikan gurame yang paling tepat adalah digoreng kering atau digoreng tepung terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bumbu lainnya. Namun, Anda juga bisa mengolah ikan gurame dengan cara dibakar. Tekstur ikan gurame yang dibakar akan menjadi sangat lembut dibandingkan dengan ikan gurame goreng.

Bandeng

Ikan bandeng memiliki struktur fisik yang ramping dan agak memanjang. Seluruh permukaan tubuh ikan bandeng tertutupi dengan sisik yang rapat dan berukuran kecil. Tekstur daging ikan bandeng sangat gurih namun agak terhalangi dengan banyak duri halus. Agar mempermudah proses pengolahan, ikan bandeng sering diolah menjadi ikan tulang lunak agar duri-duri halus di dalamnya bisa dikonsumsi dengan mudah.

Ikan Mas

Secara sepintas, ikan mas memiliki ciri fisik yang mirip dengan ikan gurame. Ada ikan mas berwarna kuning orange dan ada yang berwarna kehitaman. Ikan mas sering dijual dalam keadaan masih hidup agar tetap segar saat diolah menjadi aneka hidangan. Tekstur ikan mas yang lembut membuat ikan air tawar yang satu ini cocok diolah menjadi pepes, hidangan kuah atau hidangan kukus.

Lele

Meski memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ketiga jenis ikan air tawar di atas, lele juga menjadi ikan air tawar yang populer dikonsumsi karena tekstur dagingnya yang sangat lembut dan gurih. Ikan lele cocok diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Bila digoreng, ikan lele akan terasa renyah di bagian luar namun tetap lembut dan moist di bagian dalamnya.

Keempat jenis ikan air tawar tersebut bisa menjadi alternatif bahan dasar untuk membuat aneka resep Nusantara. Jangan lupa memilih jenis ikan yang sesuai dengan cara memasak dan jenis hidangan yang akan Anda buat.

Sources:
- Tim Dapur Demedia. 2008. Variasi Olahan Ikan Air Tawar. Jakarta: Demedia. goo.gl/QsrKQi
- food.detik.com/read/2014/10/01/174731/2706906/297/5-jenis-ikan-air-tawar-ini-juga-populer-sebagai-ikan-asin

Diakses pada: 17 Oktober 2014