Bahan Makanan ini Juga Bisa Diolah Menjadi Bakso

Bahan makanan sumber protein seperti ayam, seafood, dan jamur biasanya sering diolah menjadi aneka resep masakan tumis, goreng atau panggang. Padahal sebagai alternatif hidangan, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat bakso, lho.



Anda penasaran bahan-bahan apa saja yang bisa dijadikan bakso? Yuk, segera simak informasinya berikut ini :



Daging Ayam
Bakso ayam merupakan salah satu produk baru di dunia kuliner. Meskipun terbilang baru, rasa dan tekstur bakso ayam yang lezat sudah berhasil memikat banyak penggemar. Biasanya tekstur bakso ayam lebih lembut dan warnanya lebih cerah dibandingkan dengan bakso sapi. Bagian ayam yang cocok digunakan untuk membuat bakso adalah bagian dada dan paha yang sudah disisihkan dari tulang. Bagian dada akan menghasilkan bakso yang warnanya lebih cerah sedangkan bagian paha bisa menghasilkan bakso yang rasanya lebih gurih. Untuk membuat bakso ayam menjadi lebih moist, Anda bisa menambahkan sedikit kulit ayam dalam adonan bakso.



Udang dan Cumi
Bakso udang dan cumi harganya relatif lebih mahal daripada bakso ikan, bakso ayam, dan bakso sapi karena harga bahan bakunya pun relatif lebih mahal. Udang dan cumi memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bakso yang dihasilkan akan bertekstur lembut. Kandungan air ini pula yang menyebabkan udang dan cumi mudah rusak saat diletakkan di udara terbuka. Solusinya, lebih baik Anda menyimpan udang dan cumi dalam lemari es sesaat sebelum diolah. Agar bakso yang dihasilkan memiliki bentuk yang solid, Anda bisa menambahkan daging ikan ke dalam adonan bakso. Sedangkan untuk mempercantik adonan dan memperkaya tekstur bakso, Anda juga bisa menambahkan potongan udang dan cumi.



Jamur
Jamur memang bisa diolah menjadi aneka resep masakan lezat, namun tak banyak yang tahu bahwa jamur juga bisa diolah menjadi bakso. Jenis jamur yang sering digunakan untuk membuat bakso adalah jamur tiram putih. Jamur tiram putih yang harganya cukup ekonomis ini, memiliki tekstur yang lembut menyerupai daging ayam. Anda juga dapat menambahkan potongan jamur ke dalam adonan bakso untuk memperkaya tekstur bakso jamur.



Sudah memutuskan bahan makanan apa yang akan Anda olah menjadi bakso? Tak ada salahnya memanfaatkan bahan-bahan tersebut untuk membuat bakso. Sebab, bakso relatif lebih tahan lama ketika disimpan dan bisa diolah menjadi aneka resep masakan lezat lainnya. Selamat mencoba !



Sources :
- Yuyun, A. 2007. Panduan Wirausaha Membuat Aneka Bakso. Jakarta: PT. AgroMedia Pustaka. goo.gl/5L6jhi
- Yuyun, A. 2012. Panduan Sukses Berbisnis Bakso. Jakarta: PT. AgroMedia Pustaka. goo.gl/02g6Un
- Elisa. 2013. Bakso Istimewa, Alami dan Praktis. Surabaya: PT. Kawan Pustaka. goo.gl/vYfNZt
Diakses pada: 24 Oktober 2014